Jakarta - Kanwil Kemenkum Jabar melalui Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Hemawati BR Pandia, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Ave Maria Sihombing, Kepala Sub Bidang Pelayanan Administrasi Hukum Umum (AHU) Zaki Fauzi Ridwan, serta Pegawai di jajaran Sub Bidang Pelayanan AHU hari ini (Selasa, 10/12/2024) mengikuti Rapat Kerja Teknis Layanan Administrasi Hukum Umum Tahun 2024 dengan mengusung tema “Akselerasi Layanan AHU Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan”. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta 8-11 Desember 2024.
Pelaksanaan Rapat Kerja Teknis Layanan Administrasi Hukum Umum Tahun 2024 ini sesuai arahan Kepala Kantor Wilayah Masjuno dan sejalan dengan kebijakan Menteri Hukum R.I Supratman Andi Agtas dan ditindaklanjuti oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Hemawati BR Pandia yaitu dalam upaya Kementerian Hukum dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Rapat Kerja Teknis Layanan Administrasi Hukum Umum Tahun 2024 ini upaya memperkuat sinergi dan komitmen seluruh penyelenggara layanan AHU di pusat maupun daerah. Kegiatan ini juga suatu bentuk apresiasi Ditjen AHU kepada seluruh Kantor Wilayah dan UPT. Kegiatan ini dihadiri Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Sekretaris Ditjen AHU, Direktur Teknologi Informasi Ditjen AHU, Direktur Pidana Ditjen AHU, Kepala Divisi Pelayanan Hukum se Indonesia, Balai Harta Peninggalan se-Indonesia dan Peserta Kegiatan Rapat Kerja Teknis 33 Kantor Wilayah Se Indonesia.
Pada pelaksanaannya Peserta Rapat Kerja Teknis Layanan Administrasi Hukum Umum Tahun 2024 dibagi menjadi 5 (lima) Kelompok Kerja untuk menghasilkan rekomendasi yang penting untuk meningkatkan kerja dan kinerja Ditjen AHU dimasa mendatang. Adapun Kelompok Kerja (POKJA) yang dibentuk yaitu : Pokja I : Evaluasi Capaian Kinerja (Perjanjian Kinerja, Rencana Aksi, dan Prioritas Nasional), Pokja II : Strategi Peningkatan PNBP Ditjen AHU, Pokja III : Penguatan Peran BHP, Pokja IV : Standardisasi dan Kualifikasi SDM Layanan AHU, Pokja V: Branding Layanan AHU.
Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum memberikan apresiasi penghargaan kepada beberapa Kantor Wilayah Kementerian Hukum di seluruh Indonesia. Kantor Wilayah Kementerian Hukum Jawa Barat berhasil mendapatkan 2 (dua) penghargaan yaitu:
- Kantor Wilayah Terbaik ke I dengan Kategori Persentase Pertumbuhan, Pencapaian Target dan Realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Tahun 2022 – 2024.
- Kantor Wilayah Terbaik ke II dengan Kategori Publikasi Layanan Administrasi Hukum Umum Terbanyak di Wilayah Tahun 2024.
Keberhasilan Kantor Wilayah Jawa Barat dalam menyabet 2 (dua) kategori penghargaan tersebut sebagai realisasi dari Tahun Prestasi yang dicanangkan oleh Kantor Wilayah Jawa Barat pada Tahun 2024 sekaligus menutup akhir tahun kinerja Program Administrasi Hukum Umum di Kantor Wilayah Jawa Barat.
Prestasi yang diperoleh Kemenkum Jabar di Tahun 2024 ini semoga dapat terus dipertahankan serta ditingkatkan untuk pelaksanaan kinerja di Tahun 2025 dan lebih fokus untuk mengejar kualitas dan kuantitas dalam rangka Akselerasi Layanan AHU Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan.
(red/foto : Bid. Ahu).