LIBERTI SITINJAK APRESIASI LAYANAN KINERJA KANIM CIREBON YANG SELANGKAH LAGI RAIH PREDIKAT WBBM

Kanim Crb 1Kanim Crb 2Kanim Crb 3Kanim Crb 4Kanim Crb 5

CIREBON - Roadshow lawatan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Liberti Sitinjak bersama Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat yakni Kepala Divisi Pemasyarakatan Abdul Aris, Kepala Divisi Keimigrasian Ari Budijanto, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Heriyanto, Kepala Divisi Administrasi Ceno Hersusetiokartiko sore hari ini berakhir di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon, Rabu (10/04/2019).

Lawatan ini dilakukan dalam rangka Penguatan Tugas Pokok dan Fungsi Pegawai Imigrasi Kelas II TPI Cirebon sebagai salah satu UPT Keimigrasian di Jawa Barat yang telah meraih penghargaan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Wakil Presiden RI di Jakarta belum lama ini dan saat ini jajarannya terus melakukan pembenahan layanan kinerja untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Bertempat di Aula Lantai II Kantor TPI klas II Cirebon, Kepala Kantor Imigrasi, Tito Adrianto menyampaikan tentang wilayah kerjanya meliputi Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan. Ia menerangkan, "Kanim Cirebon saat ini memiliki jumlah pegawai sebanyak 64 orang dan melayani kuota paspor sebanyak 250 per harinya, sekarang ini Kanim Cirebon memiliki pelayanan udara yakni Tempat Pelayanan Imigrasi (TPI) di Bandara Kertajati dan pelayanan laut di TPI di Pelabuhan Indramayu." terang Tito.

Tito mengungkapkan, "Saat ini kami terus melakukan perubahan pelayanan kinerja yang lebih baik kepada masyarakat yang salah satunya adalah melakukan layanan Paspor masuk Desa di wilayah Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu."

"Untuk meraih predikat WBBM, kami juga telah membentuk tim kerja untuk melakukan pembinaan terhadap Satker serta terus melakukan pembenahan terhadap sarana dan prasarana untuk meningkatkan pelayanan kinerja yang prima terhadap masyarakat." Sambung Tito.

Setelah Kepala Kantor Imigrasi memberikan laporan, para pimpinan tinggi pratama melakukan perkenalan dan dilanjutkan dengan memberikan arahannya sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing kepada para petugas Kantor Imigrasi tersebut kemudian dilanjutkan pemberian penghargaan terhadap 2 (dua) orang pegawai Kanim Cirebon dengan kategori sebagai Pegawai Teladan Umum Dan Pegawai Teladan Pelayanan. Kemudian dilanjutkan dengan penguatan arahan dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Liberti Sitinjak.

Dalam arahannya Liberti Sitinjak mengatakan, “Saya sangat mengapresiasi pelayanan yang dilakukan oleh Kanim Cirebon yang tinggal selangkah lagi meraih predikat WBBM. Terus lakukan perubahan layanan kinerja menjadi lebih baik dan saya ucapkan terimakasih kepada saudara yang dapat merubah mindset menjadi seorang public service."katanya.

"Di Era digitalisasi yang saat ini, pelayanan hukum di Kemenkumham hampir semuanya berbasis IT  (online) baik di Divisi Imigrasi, Pemasyarakatan, Pelayanan Hukum maupun di Divisi Administrasi. Hal ini dilakukan agar kita selalu cepat dan bersih untuk melayani masyarakat,perubahan mindset merupakan hal utama yang menjadi fundamental seorang ASN untuk berubah menjadi lebih baik dalam pelayanan kinerja agar dapat dirasakan langsung oleh masyarakat bahwa negara hadir ditengah masyarakat." ucapnya.

"Karena itu saya mengajak kepada saudara semuanya untuk lebih meningkatkan kembali kinerja dan selalu berkolaborasi sesuai dengan program kinerja Kemenkumham dalam mewujudkan ZI menuju WBK/WBBM terutama dalam memberikan Pelayanan Prima kepada masyarakat dan selalu menjaga marwah institusi kita yakni Kementerian Hukum dan HAM."Ujar Sitinjak.

Lebih lanjut Sitinjak meminta kepada seluruh Pegawai Kanim Cirebon untuk menjaga integritas dan netralitas sebagai ASN yang menjadi Role Model bagi masyarakat. Terutama dalam mewujudkan cita-cita Kanim Cirebon dalam meraih Predikat WBBM di tahun 2019 ini, ia juga berharap agar seluruh petugas Kanim turut mendukung pengamanan Pemilu yang sebentar lagi akan dilaksanakan agar dapat berjalan tertib, aman dan lancar.

Bersamaan dengan itu, Kakanwil bersama para pimpinan tinggi pratama sempatkan untuk menyerahkan langsung SK kenaikan pangkat kepada 8 (delapan) pegawai Kantor Imigrasi Cirebon sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi dan role model perubahan mindset yakni melayani bukan untuk dilayani.(red/foto: Humas).


Cetak   E-mail