Lanjutkan Monev di Wilayah Bogor, Kakanwil Kemenkumham Jabar Tinjau Kanim Bekasi dan Kanim Bogor

Lanjutkan Monev di Wilayah Bogor, Kakanwil Kemenkumham Jabar Tinjau Kanim Bekasi dan Kanim Bogor

1

2

collage

BOGOR - R. Andika Dwi Prasetya, Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar, bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan Kusnali didampingi langsung oleh Kakanim Bekasi beserta Jajarannya mengunjungi Kanim Kelas I Non TPI Bekasi dan Kanim Kelas I Non TPI Bogor untuk Melanjutkan rangkaian Monitoring dan Evaluasi di wilayah Bogor Raya. Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk memastikan sarana dan prasarana dan juga pelayanan berjalan dengan baik. Pada hari ini, Senin (09/01/23).

Di Kanim Bekasi Kakanwil Andika meninjau langsung sarana dan prasarana Pelayanan Keimigrasian, dimulai dari Area Tunggu Pelayanan Kimigrasian, Area Layanan Ramah HAM, Area Wawancara dan Pengambilan Foto Pemohon Layanan Keimigrasian baik dalam Negeri maupun Pemohon Luar Negeri, dan Area Pengambilan Paspor serta Pembayaran Permohonan Layanan yang bekerjasama dengan POS Indonesia.

Kakanwil Andika juga meluangkan waktu untuk menyapa langsung Pemohon Layanan Keimigrasian di Kanim Bekasi dimulai dari Pemohon Umum maupun Pemohon Prioritas yang merupakan pengguna Layanan Ramah HAM. Selain memperkenalkan diri kepada Pemohon sebagai Kakanwil Kemenkumham Jabar, Kakanwil juga menanyakan pengalaman selama memperoleh Pelayanan di Kanim Bekasi serta menyampaikan kepada pemohon untuk bekerjasama memberikan masukan jika ada pelayanan yang kurang berkenan atau tidak sesuai agar menjadi bahan bagi Pelayanan Keimigrasian di Jaw Barat untuk semakin baik.

3

collage2

Dalam Arahan dan Penguatan Kakanwil, Apresiasi telah diraihnya WBK oleh Kanim Bekasi menjadi awal dari  Arahannya, Seluruh Pegawai terutama Pejabat Struktural harus mengetahui Legal Standing atau Landasan Hukum dalam bertugas baik teknis maupun dalam memberikan Pelayanan Publik kepada Pemohon sehingga Arah dalam bertugas Jelas, Pertahankan dan Buktikan bahwa adanya predikat WBK di Kanim Bekasi ini bukan hanya sekedar predikat tapi memang nyata.

Pahami dengan benar arah tujuan organisasi, lakukan semua pelaksanaan tugas dan fungsi melalui strategi yang matang, rencanakan dengan baik dan eksekusi dengan cerdas dalam segala pemenuhan tugas dan fungsi tidak sekedar hanya menggugurkan kewajiban saja. Apa yang menjadi Petunjuk dan Arahan dari Seluruh Pimpinan di Kementerian harus di Laksanakan jangan sampai kita menjadi Kontributor pengganggu kinerja baik kementerian kita.

Titik kunjungan Kantor Imigrasi selanjutnya adalah Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor masih bersama Kadivpas Jabar, Kusnali, dan Pejabat Pengawas Divisi Keimigrasian Kemenkumham Jabar, Kakanwil Andika meninjau fasilitas layanan Keimigrasian di Kanim Bogor.

Fasilitas Ruang Tunggu Pemohon, Fasilitas Pengambilan Foto untuk Pemohon, Fasilitas Layanan Informasi dan Pengaduan, serta Fasilitas Layanan Ramah HAM, seluruhnya ditinjau dengan seksama oleh Kakanwil dan sangat diapresiasi mengingat tetap terjaganya lingkungan kerja yang bersih sekalipun petugas menerima ratusan layanan permohonan keimigrasian dalam sehari. Kakanwil juga sempat menyapa Pemohon Layanan yang menggunakan kuota Layanan Ramah HAM dan menyampaikan bahwa jika ada layanan yang tidak sesuai dan kurang baik untuk segera dilaporkan agar menjadi masukan bagi Kemenkumham dalam hal ini layanan keimigrasian semakin Pasti dan semakin Baik.

Dalam Arahan singkatnya Kakanwil Andika menyampaikan bahwa, Teman-teman Kanim Bogor yang bertugas harus memunculkan kebanggaan dan kebahagiaan dengan fasilitas yang luar biasa bagus harus memberikan kualitas pemenuhan tugas sebaik-baik mungkin. Masalah itu bisa hadir sepanjang waktu sehingga harus di monitor sepanjang waktu segala sesuatu kewajiban, tugas dan fungsi yang dilaksanakan dan tentunya sesuai dengan SOP, Jalin selalu Kominkasi yang intens dengan Divisi di Kantor Wilayah sehingga terjalin harmoni dalam bertugas jangan sampai ada hal penting yang terlewat.

collage3

4(Foto/Narasi : Toh; Editor : Hot)

Cetak