KOLABORASI PEMBINAAN KESADARAN HUKUM-HAM (FPSH-HAM DAN DUTA HUKUM-HAM) SEBELUM PENGUKUHAN OLEH BUPATI GARUT

FGSH 1FGSH 2FGSH 3FGSH 4FGSH 5

Bertempat di Pendopo Bupati Kabupaten Garut, Kamis, 11 Juli 2019, Tim Pembinaan Kesadaran Hukum-Ham Jawa Barat  Hasbullah Fudail (Kanwil Kementrian Hukum dan Ham Jawa Barat )  Kolonel Hadi (mewakili Kanwil Kementerian  Pertahanan dengan Materi Pentingnya  Semangat Bela Negara di Lingkungan Pendidikan), Susi ( mewakili unsur Polda Jawa Barat dengan Materi Bahaya  Narkoba di lingkungan Pendidikan) dan Ida Suciati ( mewakili Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dengan materi Karakter Pendidikan melalui Wadah Forum Pelajar Sadar Hukum-HAM  ).

Hasbullah Fudail dalam pengarahannya menyampaikan Urgensi Kesadaran Hukum dan HAM bagi Pelajar  Masa Kini dan Masa Depan. Ada dua hal yang mendasar sehubungan dengan kesadaran pelajar :  Pertama  yaitu  bagaimana para pelajar bisa menjadi pendamping atau Nara Sumber   Pemateri Pelajar Sadar Hukum  dalam pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)  yang dimulai 16-18 Juli 2019 di masing-masing sekolah.

Kedua untuk menjadi pemimpin masa depan diperlukan minimal  3 (tiga) keunggulan, yaitu : 1. Karakter yang mencakup karakter moral (seperti jujur, amanah, intergritas) dan karakter kinerja  (seperti kerja keras, tangguh, tahan bantin). 2 . Komptensi mencakup sikap Kritis, Kreatif, Komunikasi dan Kolaborasi . 3. Literasi ( kemampuan memahami)  baik dari membaca, budaya, pengetahuan dan teknologi.

Dua output yang diharapkan dari pertemuan ini , pertama  pembekalan kepada calon pengurus/Duta Hukum-HAM  untuk mendampingi Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dan persiapan  pembentukan pengurus FPSH-HAM Kab.  Garut yang nantinya akan dikukuhkan oleh Bupati Garut, demikian Hasbullah Fudail.

Cepy Fardina  mewakili Bagian Hukum Sekretaris Daerah Kabupaten Garut  dalam sambutan pembukaannya menyambut baik  kegiatan ini dan berpesan kepada para pelajar SMA,SMK dan MA yang ada di kabupaten Garut untuk sama-sama berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk  membangun kesadaran Hukum dan HAM  di lingkungan pelajar kabupaten Garut  yang akhir-akhir ini banyak mendapat  sorotan dan viral di media sosial.

Sementara Kolonel Hadi menekankan  arti penting adanya semanagat Bela Negara  bagi Pelajar dalam rangka mengisi dan mempertahankan kemerdekaan  yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan yang gugur merebut dan mempertahanakankemerdekaan melalui pengorbanan jiwa dan raganya.

Mewakili unsur Polda Jawa Barat, Susi  mengajak para pelajar yang ada di Kabupaten Garut khususnya yang tergabung dalam Forum Pelajar Sadar Hukum-HAM dan Duta Hukum-HAM untuk lebih hati-hati ketika  bergaul terutama bagi orang-orang baru dan tidak dikenal. Jangan pernah mau menerima pemberian makanan atau minuman.

Sementara  Ida Suci lebih menekankan  agara para pelajar bisa menjadi  teladan dengan memberi contoh perbuatan yang tidak melanggar hokum dan mengajak kepada para pelajar di kabupaten Garut untuk bergabung dan aktif di Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM (FPSH-HAM). (red/foto : Has).


Cetak   E-mail