Kemenkumham Jabar Sosialisasi Kesadaran Hukum kepada Pelajar SMK AL-HADI

Kemenkumham Jabar Sosialisasi Kesadaran Hukum kepada Pelajar SMK AL-HADI

1

Bandung - Dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum generasi muda sebagai penerus bangsa, Kementerian Hukum dan HAM Jabar (Kemenkumham Jabar) melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum langsung kepada pelajar di SMK AL-HADI Kota Bandung. Kegiatan tersebut dilaksanakan sejalan dengan arahan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar, R. Andika Dwi Prasetya, yang menekankan pentingnya penguatan hukum kepada pelajar dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

2

Penyuluhan hukum di SMK AL-HADI Kota Bandung dilaksanakan pada Senin, tanggal 18 Juli 2023, pukul 14.00 hingga selesai. Kegiatan ini dihadiri oleh JFT Penyuluh Hukum, seperti Rika Martiana, Winna Aprilina, dan Nindya Noviani. Sebanyak 423 siswa baru dari kelas X menjadi peserta penyuluhan hukum yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai hukum dan meningkatkan kesadaran hukum di kalangan pelajar.

3

Dalam materi penyuluhan hukum, para penyuluh hukum menjelaskan tentang definisi hukum, unsur-unsur hukum, serta pentingnya kesadaran hukum. Mereka juga memberikan penjelasan mengenai cara meningkatkan kesadaran hukum dan teori asas fiksi hukum. Selain itu, para pelajar juga diberikan pemahaman mengenai indikator kesadaran hukum dan diberikan contoh tindakan konkret yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah untuk meningkatkan kesadaran hukum.

Rika Martiana, salah satu JFT Penyuluh Hukum yang hadir dalam kegiatan tersebut, menyampaikan, "Kami berharap melalui penyuluhan hukum ini, para pelajar dapat memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai hukum dan pentingnya kesadaran hukum dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, mereka dapat menjadi generasi yang paham dan taat terhadap hukum."

Kegiatan penyuluhan hukum ini merupakan upaya nyata Kemenkumham Jabar dalam memberikan edukasi hukum kepada generasi muda. Melalui pemahaman yang baik tentang hukum dan kesadaran hukum yang meningkat, diharapkan pelajar dapat tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab, mematuhi hukum, dan berkontribusi positif dalam masyarakat.

 

red/dok: Agies/ Penyuluh Jabar


Cetak   E-mail