KAKANWIL SERAHKAN PEDULI BENCANA KEPADA KORBAN LONGSOR CIMANGGUNG MEMPERINGATI HARI BHAKTI IMIGRASI KE-71

KAKANWIL SERAHKAN PEDULI BENCANA KEPADA KORBAN LONGSOR CIMANGGUNG MEMPERINGATI HARI BHAKTI IMIGRASI KE-71

200121 BaksosHBI71

 200121 BaksosSumedang 7

CIMANGGUNG - Bentuk kepedulian terhadap sesama yang ditunjukkan Keluarga Besar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat meskipun di tengah-tengah Pandemi Covid-19, menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 bukanlah suatu penghalang untuk peduli dan saling membantu serta meringankan beban sesama. Bahu membahu Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat dan Unit Pelaksana Teknis dibawahnya yaitu Pemasyarakatan dan Imigrasi

Seperti diketahui, longsor awal terjadi pada Sabtu (9/1) sore. Ketika itu dilaporkan belasan rumah rusak berat dan 8 orang menghilang karena diduga tertimbun longsor. Pada malam hari, terjadi longsor susulan yang menimbulkan lebih banyak korban jiwa yang tertimbun material longsoran, tak hanya menelan korban warga sipil, namun juga beberapa petugas yang sedang melakukan evakuasi korban yang mencapai 40 jiwa (telah ditemukan dan teridentifikasi).

Keberhasilan pencarian korban longsor Cimanggung ini merupakan hasil kerjasama yang baik antar terkait yang ada di lapangan. Sehingga, semua korban bencana longsor ini dapat ditemukan di hari kesepuluh. Dengan ditemukannya dua korban terakhir yang semula dinyatakan masih hilang, maka tim SAR menutup operasi pencarian korban.

Penyerahan Bantuan Peduli Kasih yang diberikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Imam Suyudi bersama Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat kepada Camat Cimanggung Dikdik Syehrizki ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke 71 yang jatuh pada 27 Januari 2021 mendatang (Rabu, 20/01/21).

200121 BaksosSumedang 7

200121 BaksosSumedang 7

Giat Penyerahan Bantuan Peduli Kasih Keluarga Besar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat diawali dengan Bersepeda yang diikuti oleh Keluarga Besar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat di Jl.Jakarta No. 27 Bandung menuju Kantor Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang dengan jarak tempuh sekitar 27 Km dengan ditempuh selama 2 jam perjalanan. 

Menurut Imam Suyudi, pihaknya turut berduka atas musibah yang menimpa masyarakat Cihanjuang yang terkena longsor. Bantuan yang diberikan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian Kemenkumham untuk korban bencana longsor apalagi sekarang bertepatan dengan Hari Bhakti Imigrasi yang ke-71.

200121 BaksosSumedang 7

"Kita sebagai sesama manusia harus saling tolong menolong untuk membantu saudara kita yang terkena bencana longsor di Cihanjuang ini. Semoga bantuan yang kami berikan ini dapat meringankan beban para korban longsor," jelas Imam.

Adapun bantuan yang diberikan berupa sembilan bahan pokok, Peralatan rumah tangga yang dikemas dan diangkut 1 (satu) Mobil Truck Colt Diessel dan juga Uang Tunai. Imam berharap bisa meringankan beban yang dihadapi oleh keluarga korban bencana tanah longsor Cimanggung.

200121 BaksosSumedang 7

200121 BaksosSumedang 7

200121 BaksosSumedang 7

(red/foto: Adiib/Azis)


Cetak   E-mail