BARANG SITAAN APH YANG DITITIPKAN BELASAN TAHUN JADI RONGSOKAN DI RUPBASAN CIREBON

BARANG SITAAN APH YANG DITITIPKAN BELASAN TAHUN JADI RONGSOKAN DI RUPBASAN CIREBON

rupbasan 4 

CIREBON - Kepala Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I CIrebon, Riyanto mengeluhkan tidak adanya status mutasi barang sitaan dari pihak Aparat Penegak Hukum (APH) yakni baik dari Kejaksaan maupun Kepolisian di wilayah Cirebon.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Riyanto Kepala Rupbasan menjelaskan kerap kali ia hanya dititipi barang sitaan saja tanpa tahu status barang tersebut masih diurus oleh yang bersangkutan atau sudah inkracht (berkekuatan hukum tetap).

rupbasan 4

"Untuk masalah status barangnya kita tidak diberi tahu, sehingga banyak barang sitaan yang teronggok begitu saja sampai belasan tahun bahkan puluhan tahun hingga berkarat jadi barang rongsokan di sini," ungkap Riyanto, Rabu (05/03/20).

Riyanto juga menjelaskan bahwa masih banyak aparat hukum terkait yang kurang mentaati aturan main terkait regulasi dari barang sitaan. "Setidaknya kita mendapat salinan putusan atau perubahan status peradilan terhadap barang sitaan tersebut," keluh Riyanto.

"Selama ini saya bersama kawan-kawan sudah melakukan penyuratan tindak lanjut barang tititipan terkait kepada APH yang bersangkutan untuk ditarik kembali, seperti halnya tadi pihak kejaksaan mengambil barang sitaan BBM yang sudah lama hampir 11 tahun di simpan disini tanpa ada kejelasan yang pasti." terang Riyanto yang dikenal tegas ini.

rupbasan 4

 

(red/foto:56W)


Cetak   E-mail