PENINGKATAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP JAMINAN FIDUSIA

Purwakarta, 16/02/2017. Aula Hotel Harper, Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Susy Susilawati membuka acara Penguatan Sosialisasi Jaminan Fidusia dan sekaligus mengukuhkan 20 pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Purwakarta sebagai Duta Hukum Pelajar Jawa Barat dan dihadiri oleh 200 orang peserta terdiri dari perwakilan Kecamatan dan Desa/Kelurahan se-Kabupaten Purwakarta.

Acara penguatan sosialisasi tersebut mengusung tema ‘’Peningkatan Pemahaman Masyarakat Terhadap Jaminan Fidusia.’’ Bertindak selaku Narasumber adalah Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Dr. Susy Susilawati, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sefrizal, SH,MH., Polda Jawa Barat AKBP Dr.Rusman dan Ketua MPD Kab. Purwakarta Ahmad Bangsali. Sedangkan yang bertindak selaku Moderator adalah Kepala Bidang Pelayanan Hukum Hasbullah Fudail dan bertindak selaku Ketua Penyelenggara Kasubbid Administrasi Pelayanan Hukum Suhartini.

Dalam sambutannya Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat menegaskan kembali tentang pengertian dan pentingnya Jaminan Fidusia serta diterangkan juga tentang perbedaan Jaminan Fidusia dengan Gadai. Beliau mengatakan “Jaminan Fidusia adalah hanya untuk barang/benda bergerak, sedangkan Gadai bisa barang bergerak bisa juga barang tidak bergerak, dan saat ini pendaftaran Jaminan Fidusia sudah melalui online langsung ke Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, namun tetap melalui kendali Kanwil Kemenkumham (Divisi Pelayanan Hukum Dan HAM), mengapa Jaminan Fidusia ini perlu disosilisasikan, karena selama ini ada pendapat Jaminan Fidusia tidak perlu didaftarkan, hal ini perlu diberikan pemahaman lagi kepada lembaga finance bahwa Jaminan Fidusia sangat penting karena untuk melindungi secara hukum baik kreditur maupun debitur sehingga perlindungannya jelas dan pasti.’’tuturnya. Lebih jelas lagi dikatakan oleh beliau bahwa Jaminan Fidusia ini dapat meningkatkan pendapatan negara melalui PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). (red/foto: Humas)

 

SOSIALISASI JAMINAN FIDUSIA DAN PENOBATAN DUTA HUKUM PELAJAR SE-KABUPATEN PURWAKARTA DI HOTEL HARPER PURWAKARTA

 

Sosialisasi Fidusia PRWKT 1

 

Sosialisasi Fidusia PRWKT 2

 

Sosialisasi Fidusia PRWKT 3

 

Sosialisasi Fidusia PRWKT 4

 

Sosialisasi Fidusia PRWKT 5