PANEN PERDANA HASIL BUDIDAYA IKAN LELE DAN PENGOLAHAN INDUSTRI PAKAN IKAN DI LAPAS KLAS III GUNUNG SINDUR

Bogor, 09/02/2017.  Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Gunung Sindur, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Susy Susilawati menghadiri Panen Perdana Hasil Budidaya Ikan Lele dan Peninjauan Tempat Pengolahan Industri Pakan Ikan di Lapas kelas III Gunung Sindur. Budidaya ikan Lele ini, merupakan hasil tebaran benih pada tanggal 2 November 2016 yang dibiyai dari APBN-P 2016.

Panen perdana tersebut dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Susy Susilawati yang didampingi oleh Kepala Lapas kelas III Gunung Sindur Mujiarto serta hadir pula Kasubdit Pelatihan Keterampilan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Lili, para Kepala UPT se-Bogor Raya, Perwakilan Forkopinda Kabupaten Bogor, Perwakilan Polsek Gunung Sindur, Muspika Kecamatan Gunung Sindur serta Direktur CV DEJEFISH.

Dalam sambutannya Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat mengatakan ‘‘Dalam menuju lapas produktif tidaklah mudah, petugas pemasyarakatan dituntut untuk lebih kreatif, inovatif dan proaktif sehingga dalam melaksanakan tugas bukan hanya sekedar rutinitas semata. Untuk itu, Lapas industri harus mampu merubah image masyarakat dari lapas konsumtif menjadi produktif sehingga dapat menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), menghilangkan image buruk terhadap narapidana serta medapatkan keahlian atau keterampilan kepada narapidana setelah masa hukumannya berakhir.’’tuturnya.

Kemudian beliau juga menyampaikan pesan bahwa ‘’Proses pemasaran budi daya Ikan Lele dan pengolahan industri pakan ikan di Lapas kelas III Gunung Sindur ini, rencananya dilakukan dengan sistem Swakelola untuk masa panen pertama dan sistem kerjasama setelah ada evaluasi dari panen pertama. Untuk menjaga agar kegiatan budidaya ikan lele di Lapas kelas III Gunung Sindur terus berlangsung secara berkesinambungan, maka harus diambil langkah-langkah yaitu; Harus dilaksanakan pengadministrasian secara rapi, harus memberikan instruksi agar petugas dan warga binaan yang bekerja senantiasa disiplin kerja sesuai SOP budidaya ikan, melaksanakan evaluasi disetiap proses pentahapan dalam kegiatan budidaya, senantiasa mencari informasi/ masukan kepada ahli perikanan supaya dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil budidaya ikan.’’pungkasnya. (red/foto: Humas)

 

PROSESI PANEN PERDANA HASIL BUDIDAYA IKAN LELE DAN PENGOLAHAN INDUSTRI PAKAN IKAN DI LAPAS KLAS III GUNUNG SINDUR

 

panen lele lp gusdur 1

 

panen lele lp gusdur 2

 

panen lele lp gusdur 3

 

panen lele lp gusdur 4

 

panen lele lp gusdur 5