MENTERI HUKUM DAN HAM RI, RESMIKAN 10 LAPAS BERBASIS AGRO INDUSTRI DAN MANUFACTURING DI WILAYAH JAWA BARAT

Sukabumi, 04/02/2017.  Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Warungkiara.Menteri Hukum dan HAM RI Yassona H. Laoly resmikan 10 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) berbasis agro industri dan manufacturing  pada jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat yang dipusatkan di Lapas kelas III Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Hal ini dilakukan untuk memberikan keterampilan bagi narapidana melalui industri Lapas yang disesuaikan dengan kondisi geografis.

Lapas berbasis agro industri dan manufacturing di wilayah Jawa Barat ini tidak lepas dari arahan serta bimbingan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Susy Susilawati terhadap para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) penerima APBN-P 2016 jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat.

Peresmian Lapas Industri berbasis agro industri dan manufacturing di Wilayah Jawa Barat ini dihadiri oleh Asisten Daerah I Provinsi Jawa Barat Kusmayadi, Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto, Direktur Jenderal Pemasyarakatan I Wayan K Dusak, Dirjen Pengembangan Kawasan Pedesaan Kementerian Pertanian dan Dekan Peternakan IPB, Pejabat tinggi Pratama dan Pejabat Tinggi Madya Kementerian Hukum dan HAM RI, Para Kepala Divisi dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Jawa Barat jajaran Kanwil Kemenkumham Jawa Barat serta Muspida Kabupaten Sukabumi.

Lapas kelas III Warungkiara ini, akan dijadikan sentra penggemukan sapi potong dan pertanian penunjang pakan sapi di wilayah Jawa Barat. Sementara lapas-lapas lain yang diresmikan sebagai lapas industri di daerah Jawa Barat, diantaranya Lapas kelas I Cirebon untuk produksi Kain Tekstil dan Rotan Sintetis, Lapas kelas II.a Kuningan untuk industri penggemukan sapi potong dan pertanian penunjang pakan sapi, Lapas kelas I Sukamiskin untuk percetakan, Lapas kelas  II.a Karawang untuk industri Budidaya perikanan dan sarana perikanan, Lapas kelas II.a Bogor untuk industri pengolahan daging sapi dan ikan bakso, Lapas kelas III Bekasi untuk sarana dan prasarana industri pabrikan, Lapas kelas II.a Cibinong untuk industri penggemukan sapi potong dengan kapasitas 144 ekor dan budidaya ikan air tawar, Lapas kelas II.b Sukabumi untuk pengolahan daging sapi dan ikan abon serta pemasaran hasil industri, Lapas kelas III Gunung Sindur untuk budidaya ikan air tawar dan industri pengolahan pakan ikan.

Dalam sambutannya Menteri Hukum dan HAM RI mengatakan ‘’Saya meminta pada seluruh Lapas Industri diseluruh Indonesia, khususnya Lapas Industri yang ada di wilayah Jawa Barat, agar dapat mendukung program pembinaan narapidana serta harus dapat menjadi media informasi pada masyarakat  bahwa Lapas/Rutan tidak menjalankan fungsi pengamanan melainkan  juga fungsi pembinaan bagi narapidana’’tuturnya.

Beliau juga mengatakan’’ Dalam menuju lapas produktif tidaklah mudah, petugas pemasyarakatan dituntut untuk lebih kreatif, inovatif dan proaktif sehingga dalam melaksanakan tugas bukan hanya sekedar rutinitas semata. Untuk itu, lapas industri harus mampu merubah image masyarakat dari lapas konsumtif menjadi produktif sehingga dapat menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) serta menghilangkan image buruk terhadap narapidana.’’tandasnya.

Setelah selesainya acara peresmian tersebut, Menteri Hukum dan HAM RI didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Susy Susilawati dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) kelas III Warungkiara Risman Somantri beserta jajaran Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Tinggi Madya Kementerian Hukum dan HAM melakukan penandatanganan peresmian 10 Lapas berbasis industri dan manufacturing di wilayah Jawa Barat serta dilanjutkan pengguntingan pita serta melakukan peninjauan ke lokasi kandang sapi yang ada di Lapas kelas III Warungkiara. (red/foto: Humas)

 

PROSESI MENTERI HUKUM DAN HAM RI MERESMIKAN 10 LAPAS BERBASIS AGRO INDUSTRI DAN MANUFACTURING YANG DIPUSATKAN DI LAPAS KELAS III WARUNGKIARA SUKABUMI

 

Peresmian Lapas Industri 1

 

Peresmian lapas Industri 2

 

Peresmian Lapas Industri 3

 

Peresmian Lapas Industri 4

 

Peresmian Lapas Industri 5

 

Peresmian Lapas Industri 6